DANIEL PANE

SELAMAT DATANG DAN MENIKMATI YANG TELAH DISAJIKAN

Sabtu, 11 Desember 2010

prolog natal



PROLOG LITURGI NATAL SEKOLAH MINGGU
LITURGI I (Penciptaan)
Terpujilah TUHAN, Allah Maha Kuasa, yang menciptakan langit dan bumi beserta isinya, semua ciptaan tunduk dan memuji TUHAN, karena kemahakuasaan-Nya di atas kekuatan ciptaan-Nya. Sungguh indah dan ajaiblah karya ciptaan-Nya.
Liturgi 1 (Penciptaan)
Allah telah berkarya hari demi hari, sehingga semua ciptaan menjadi indah dan sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh TUHAN, Semesta Alam. Terpujilah Dia sepanjang masa.
Liturgi 2 (ketidak-taatan)
Allah telah memberikan kebebasan kepada manusia untuk menguasai segala ciptaan-Nya dan memeliharanya. Tetapi manusia telah lupoa dan bahkan jatuh ke dalam dosa. Semua itu adalah akibat kelalaian manusia itu sendiri. Sungguh manusia itu telah mau dikuasai oleh iblis.
Liturgi 3 (dampak dosa)
Ternyata, apa yang telah diberikan ALLAh kepada manusia, telah disalahgunakan oleh manusia. Manusia merasa menjadi orang yang maha kuasa sehingga dunia kini penuh dengan kerusuhan.
Liturgi 4 (Janji Keselamatan)
TUHAN adalah pengasih dan penyayang, panjang sabar dan  berlimpah kasih setia-Nya. Tidak dilakukan-Nya kepada kita setimpal dengan kesalahan kita. Kasih Allah telah nyata kepada manusia dengan memberikan nubuatan tentang kelahiran seorang Mesias untuk membebaskan manusia itu dari bebannya.
Liturgi 5 (Kelahiran)
Bergembiralah hai umat manusia, bersukacitalah sebab Mesias yang telah dinantikan telah lahir di kandang domba, tempat yang hina, namun membawa kemuliaan bagi manusia. Terpujilah TUHAN, Bapa Yesus Kristus, Kemuliaan bagi Allah di tempat yang Maha Tinggi.
Liturgi 6 (Doa Bapa Kami)
Yesus bertambah besar dan semakin dikasihi Allah dan manusia. Yesus juga ingin supaya manusia itu dikasihi oleh Allah sama seperti Dia yang dikasihi Allah. Untuk itu, Yesus mengajarakan sebuah doa yang begitu indah. Namun, dalam situasi saat ini, manusia sudah banyak tidak lagi memahami doa ini secara mendalam. Lihat manusia justru menghina orang yang sungguh-sungguh mengucapkan dan memahami doaa tersebut.
Liturgi 7 (Ucapan Bahagia)
Yesus juga memberikan berita sukacita kepada seluruh orang yang mendengarnya. Memberitakan bahwa Tahun rahmat TUHAN telah tiba di dalam diri-Nya. Yesus memberikan ajaran dalam khotbah-Nya, khotbah yang begitu indah yang memberikan jaminan kepada orang-orang yang mendengarnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar